Unordered List

Minggu, 09 April 2017

Pengaruh CCTV terhadap Perilaku Siswa

Gambar: Ilustrasi Pantauan CCTV di Sekolah

Closed-Circuit Television atau yang biasa kita kenal dengan CCTV merupakan sistem di mana sirkuitnya tertutup dan semua elemennya terhubung. Hal ini berbeda dengan siaran TV di mana tunernya mengambil sinyal dari gelombang udara. (Dalam hal ini, terhubung berarti dihubungkan dengan kabel, gelombang mikro, inframerah, dan lain-lain).

Pada era digital saat ini, penggunaan CCTV atau Closed-Circuit Television sangat dibutuhkan dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Hal ini dikarenakan para guru maupun karyawan bisa mengawasi tingkah laku para siswa. Pengawasan yang dilakukan oleh pihak sekolah tidak hanya saat para siswa melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, akan tetapi ketika istirahat maupun pergantian jam pembelajaran. Melaui CCTV, bukan berarti pekerjaan para guru dan karyawan akan berkurang, akan tetapi hal ini hanya dapat membantu dalam hal pengawasan serta sebagai bukti otentik bila terjadi tindakan yang tidak diinginkan terjadi di sekolah.

Sisi lain yang terjadi, bila kelas terpantau oleh CCTV yaitu para siswa akan merasa terpantau dan terawasi oleh para guru dan karyawan di sekolah. Sehingga tindakan pencurian maupun tindakan kecurangan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dapat diantisipasi dan diatasi. Sebelum pemasangan CCTV, banyak sekali terjadi kecurangan ataupun budaya mencontek saat ujian di kelas. CCTV ini dapat membantu para guru bila sedang mengawasi para siswa. Akan tetapi, adanya media ini diharapkan bukan malah menjadi momok siswa untuk tetap berkarya dan mengembangkan kreativitas di sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar