Unordered List

Kamis, 10 Januari 2013

Guru Sahabat bagi Siswa

Oleh: Erna Erviana Purnama Sari

          Guru (dari Sansekerta: गुरू yang berarti guru, tetapi arti secara harfiyah adalah “berat”) adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.


Gambar: Para Calon Guru SD sedang Melakukan Observasi
Guru, banyak orang mendeskripsikannya dari kata “digugu” dan “ditiru”. Dalam hal ini dimana apa yang dilakukan seorang guru dapat ditiru dan dipertanggungjawabkan. Dilihat dari pemaparan mengenai deskrpsi guru diatas, bahwa guru juga harus menjaga dalam perilakunya. Tidak hanya mumpuni dalam segi kognitif, tetapi juga dapat dikatakan baik dalam segi afektifnya. 
Guru yang disenangi siswa, tidak hanya guru yang pintar, dan baik saja. Tetapi juga guru yang dapat menjadi sahabat siswa. Maksud dari sahabat siswa bukan seperti guru yang bertingkah laku seperti siswanya. Tetapi guru yang dapat mengerti, dan memahami tingkah laku serta kemampuan siswanya. Kemudian ia dapat memposisikan dirinya untuk dapat dekat dan merasakan keluhan dan penderitaa siswanya.

0 komentar:

Posting Komentar